RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : MAN KOTA BARU RAHA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan :
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang di sampaikan secara langsung atau melalui rekaman
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• Unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
• Unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikato Pencapaian Penilaian | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1 | Menyampaikan unsur-unsur ekstrinstik(moral kebudayaan dan agama dll ) | Bersahabat/ komunikatif Tanggung jawab Kepemimpinan |
2 | Menanggapai (setuju/tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan oleh teman | (setuju/tidak setuju) |
3 | Menyampaikan unsur-unsur intrisik(tema, penokohan, kebudayaan agama, dll) | Bersahabat/ komunikatif Tanggung jawab Kepemimpinan |
4 | Menanggapai (setuju/tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan oleh teman | (setuju/tidak setuju) |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F. METODE PEMBELAJARAN :
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
G. Strategi Pembelajara
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) Siswa dapatMenyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya. | Siswa Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. | Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. |
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan
|
A.
|
Kegiatan Awal (15 menit) Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini. Bersahabat/ komunikatif |
B.
|
Kegiatan Inti (40 menit) Dalam kegiatan eksplorasi : - Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro 4 Jonggrang, Malin Kundang) - Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik - Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. - Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, - ceritakan yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an - Diskusi dan tanya jawab - Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: - Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui - Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. - Tanggung jawab |
C.
|
Kegiatan
akhir ( 25 menit)
- Refleksi
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini. Bersahabat/ komunikatif |
I. ALOKASI WAKTU :
- 2 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
- Buku cerita/kaset
- LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
- Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
• Tugas individu
• Ulangan
Bentuk Instrumen:
• Uraian bebas
• Pilihan ganda
• Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar