Sabtu, 09 Juni 2012

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  (RPP)


SEKOLAH                    : MAN KOTA BARU RAHA
MATA PELAJARAN     : Bahasa Indonesia
KELAS                          : X
SEMESTER                   : 1


A. STANDAR KOMPETENSI :
     Mendengarkan :
    1.   Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :
    1.2  Mengidentifikasi unsur  sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita  yang di sampaikan secara           langsung atau melalui rekaman

C.    MATERI PEMBELAJARAN :
    Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
    • Unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
    • Unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI    :
NoIndikato Pencapaian Penilaian   Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif 
1Menyampaikan unsur-unsur ekstrinstik(moral kebudayaan dan agama dll )Bersahabat/ komunikatif
Tanggung jawab    
Kepemimpinan
2Menanggapai (setuju/tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan oleh teman(setuju/tidak setuju)
3Menyampaikan unsur-unsur intrisik(tema, penokohan, kebudayaan agama, dll)Bersahabat/ komunikatif
Tanggung jawab    
Kepemimpinan
4Menanggapai (setuju/tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan oleh teman(setuju/tidak setuju)


E.    TUJUAN PEMBELAJARAN* :
    Siswa dapat:
    •    Menyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,      amanat, dll.) yang terkandung   di  dalam cerita yang disajikan disertai contoh     kutipannya.
    •    Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,     dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
    •    Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan     ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun     dan efektif.

F.    METODE PEMBELAJARAN :
  •    Penugasan
  •    Diskusi
  •    Tanya Jawab
  •    Unjuk kerja
  •    Ceramah
  •    Demonstrasi

G.    Strategi Pembelajara
Tatap Muka
Terstruktur Mandiri
Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,         dll.)

Siswa dapatMenyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan         disertai contoh kutipannya.
Siswa Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara  langsung /tidak langsung.

Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak         langsung.
Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak             langsung

Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan             ekstrinsik yang disampaikan teman.    

H.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :


No.
Kegiatan
A.
Kegiatan Awal   (15 menit)                                                                                                     Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.    Bersahabat/ komunikatif
B.
Kegiatan Inti   (40 menit)                                                                                                                                                Dalam kegiatan eksplorasi :    -    Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro 4 Jonggrang,    Malin Kundang)
    -    Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik
    -    Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
    -    Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi,
    -    ceritakan yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
    -     Diskusi dan tanya jawab
    -    Konfirmasi
    Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    -    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    -    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.   
    -     Tanggung jawab
C.
Kegiatan akhir (    25 menit)
 - Refleksi
 - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.    Bersahabat/                 komunikatif





I.    ALOKASI WAKTU :
  •    2 x 40 menit

J.    SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
  •     Buku cerita/kaset
  •     LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
  •     Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X.          Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.     2006.

K.    PENILAIAN :
    Jenis Tagihan:
    •    Tugas individu
    •    Ulangan
Bentuk Instrumen:
    •    Uraian bebas
    •    Pilihan ganda
    •    Jawaban singkat


                                                     Mengetahui,    2011



    Kepala Sekolah                                                                         Guru Mata Pelajaran                                        


   
    NIP.                                                                                           NIP.                           



               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar